Open your eyes to see the World

CLICK ON THE WORDS NOT ON PICTURES

Kali ini saya akan menjelaskan cara-cara membuat website pada hostingan gratis. Yang harus di perhatikan dalam membuat website disini adalah menentukan konsep website apa yang ingin kita buat. Karena ini adalah pertama kalinya saya membuat website maka saya menggunakan aplikasi joomla yang katanya lebih mudah digunakan. Pertama saya membuat website pada localhost agar pembuatan kerangka web tidak bergantung pada koneksi, karena jika kita langsung membuatnya pada hosting, ini akan sangat lama di tambah lagi apabila koneksi yang kita miliki kurang stabil.

Setelah membuat website pada localhost, kita mencari terlebih dahulu nama untuk website yang kita buat. Disini saya mencari nama website dari co.cc.

Setelah kita masuk pada website co.cc, akan muncul tampilan seperti gambar diatas, kita masuk nama website yang kita inginkan, lalu klik Check availability untuk mencari ketersediaan nama website yang dinginkan.




Website yang saya inginkan ternyata tersedia pada co.cc, untuk melanjukkannya kita klik Continue to registration.


Masukkan email yang ingin didaftarkan, lalu masukkan passwordnya, serta isi captcha dengan benar dan terakhir klik Sign in.

Jika kita belum mendaftarkan pada co.cc maka terlebih dahulu kita buat akun agar kita bisa melanjutkan pemesanan nama website tersebut. Isi kolomnya lalu klik Conitnue.






Isi password yang telah kita isi pada form sebelumnya, masukkan captchanya lalu klik Continue.









Nama website yang kita inginkan telah kita pesan, dan dalam 48 jam kita harus meng setup nama itu, karena jika tidak, maka kita gagal untuk mendapatkan nama website tersebut.



Setelah itu, kita mencari webhosting  untuk menyimpat database kita, karena ini bertujuan untuk pembelajaran maka kita gunakan hosting gratis, saya menggunakan hosting 000webhost.com , masih banyak lagi hosting gratis yang ada tinggal kita pilih mana yang sesuai dengan kita. Isi dengan nama website yang telah kita pesan, lalu isi form-form selanjutnya dan terakhir klik Create My Account.

Lalu muncul kolom seperti ini untuk memastikan email konfirmasi, klik Resend Email.

Pengiriman konfirmasi telah dikirim ke email kita.


Ini adalah data yang sangat penting untuk proses penguploadan data,dan juga keterang data-data yang kita butuhkan.

Lalu kita juga bisa membuat database pada MySQL, dan ini adalah data-data mengenai database saya.






 
Setelah semuanya berhasil dibuat, maka selanjutnya kita gunakan aplikasi FileZilla untuk mengupload data tentang website yang telah saya buat pada localhost. Isi Host dengan IP Account Information 000webhost.com, begitu juga dengan username dan passwordnya, lalu klik Quickconnect.


Ini adalah tampilan menyeluruh dari FileZilla, kolom sebelah kiri adalah database pada hardisk kita, dan pada sebelah kanan adalah database hosting yang telah kita koneksikan. Data-data website kita yang telah kita buat pada localhost kita pindahkan dengan cara drag data dari kolom sebelah kiri ke kolom sebelah kanan. Maka proses tranfer akan berlangsung, dan untuk melihat keterangan berhasil atau gagalnya data yang kita tranfer bisa di lihat pada tab pojok kiri bawah. Setelah terkirim semua maka website kita telah jadi. Silakan cek website saya pada em3rgency.co.cc

Lalu bagaimana membuat website yang bagus dan baik ?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, kita terlebih dahulu harus mengetahui seperti apa website yang baik itu. Menurut saya website yang baik itu adalah website yang mengutamakan isi dari pada tampilannya. Karna orang membuka website bukan untuk melihat tampilan website tersebut, melainkan isi dari website tersebut, maka agar website yang kita buat menjadi website yang baik kita harus mengisi website tersebut dengan isi atau artikel yang menarik, berguna, dan banyak dicari orang. Namun kita tidak boleh menyampingkan desain atau tampilan dari website kita, akan lebih baik lagi apabila isi dan tampilan website kita baik dan juga menarik. Namun harus diperhatikan dalam mendesain website, kita juga harus memperhatikan fungsi dan kegunaan dari komponen yang ingin digunakan, jangan terlalu banyak menggunakannya karna dari segi penampilan akan terkesan berantakan dan juga memperlambat proses loading ketika membuka website kita.

Swimming Sperm