Open your eyes to see the World

CLICK ON THE WORDS NOT ON PICTURES

 Sejarah Internet

Pada jaman seperti ini mungkin hampir semua orang tahu tentang Internet. Dari orang tua bahkan anak kecil pernah menggunakan Internet, entah itu untuk bersosial network, browsing, melihat video, atau pun gaming. Internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang, karena hampir semuanya bisa di akses dengan Internet. Informasi yang diberikan sangat luas, karena Internet mencakup seluruh tempat yang ada di bumi ini, itulah mengapa Internet disebut informasi yang tak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Internet pertama kali dibuat pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Mereka membuat jaringat komputer atau internet untuk dapat berkomunikasi dalam jarak yang jauh atau tak terhingga. Proyek yang menjalankan internet ini yaitu ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, dan transfer informasi yang pada saat ini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

Pada awalnya Departemen Petahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer untuk keperluan militer. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah terjadinya serangan dan menghindari informasi terpusat.

Pada tahun 1969 ARPANET menghubungkan 4 situs yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Dan pada tahun 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan universitas di negara tersebut ingin bergabung. Karena kesulitan dalam mengaturnya, ARPANET di pecah menjadi 2 yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru untuk keperluan non-militer. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet dan kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pada tahun 1982 dibentuk TCP dan IP yaitu protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan karena banyaknya jaringan dari hari ke hari. Pada tahun 1984 dibuatlah sistem nama domain untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang dikenal dengan Domain Name System (DNS). Pada tahun 1988 dengan diijinkanya Internet Service Provider Internet memberikan komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi pada forum dan web.

Sejarah Website

Jika berbicara tentang internet, maka akan berkaitan juga dengan web. Keduanya adalah bagian yang saling mendukung. Semakin berkembang teknologi internet, semakin berkembang pula teknologi web, karena internet adalah wadah dari web.

Website adalah sebutan dari halaman-halaman web atau web page yang merupakan bagian dari suatu nama domain atau subdomain di World Wide Web di internet. Web berkembang dari ide dan konsep dari Sir Timothy John Tim Beerners-Lee, yaitu seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:
1.Antarmuka yang konsisten untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat digunakan oleh berbagai jenis komputer.
2.Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
3.Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai  jenis dokumen dan protokol.

Dokumen web harus ditulis dalam suatu format khusus yang memungkinkan  hypertext saling terjalin untuk bekerja. Format ini adalah Hypertext Markup Language (HTML). HTML merupakan bagian dari Stpenggunard Generalized Markup  Language (SGML). SGML merupakan stpenggunar dari International Stpenggunard Organization (ISO), untuk mendefinisikan format pada dokumen teks.

Pada awalnya tampilan web masih sederhana, hanya dapat menampilkan teks saja, lalu untuk hyperlinknya masih menggunakan nomor untuk menghubungkan halaman per halaman. Lalu semakin beragamnya penerapan teknologi berbasis desktop mendorong perkembangan teknologi web berupa teknologi tampilan GUI (Graphical User Interface), teknologi browser, teknologi bahasa, platform, dan lain-lainnya.

Dan pada saat ini web dapat diakses bukan hanya melalui komputer melainkan juga dapat di akses melalui handphone, dengan begitu web dapat di akses di mana saja dan kapan saja.

Arsitektur Web

Arsitektur Website adalah desain dan perencanaan situs yang melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, Berfokusnya pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Setiap website tergantung terhadap pemilik atau pembuat web tersebut, karena setiap orang memiliki kerangka pemikiran arsitektur tersendiri. Selain itu juga di perlukan pengetahuan yang luas tentang web untuk mengatur website tersebut agar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Website arsitektur memiliki fungsi untuk mengatur konten website. Struktur website merupakan kerangka dimana halaman-halaman website disusun dan dihubungkan satu dengan yang lainnya. Arsitektur website sangat di butuhkan agar tampilan dan konter web tersebut menarik, dan tidak berlebihan yang nantinya malah membuat citra menjadi buruk.

Resensi :

Swimming Sperm