Open your eyes to see the World

CLICK ON THE WORDS NOT ON PICTURES

Technology Cloud, mungkin orang-orang pernah mendengar teknologi tersebut namun apakah mereka mengerti apa itu technology cloud tersebut? Dalam bahasa indonesia cloud berarti awan, pengertian awan menurut wikipedia adalah butiran air atau kristal beku yang tergantung di atmosfir di atas permukaan bumi. Namun, apakah awan yang dimaksud adalah seperti itu? Yang dimaksud Cloud disini adalah internet, jadi teknologi awan atau komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Dimana Awan (cloud) merupakan metafora dari internet, awan sering digunakan dalam diagram jaringan komputer yang memiliki arti atau maksud yaitu infrastruktur kompleks yang tersembunyi.

Teknologi awan adalah suatu metode komputasi dimana sesuatu yang terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Sebagai contoh laptop yang memiliki koneksi ke internet, OS serta aplikasi-aplikasinya terintegrasi pada Harddisk Virtual yang ada pada server akan dipanggil dan dipindahkan secara sementara pada RAM Hardware Laptop untuk digunakan. Jadi teknologi awan dalam contoh ini adalah  Harddisk Virtual pada sebuah server yang digunakan pada sebuah laptop. Cara kerja teknologi awan seperti langganan pada televisi berbayar.

Teknologi awan atau Cloud disini sendiri adalah sebagai cikal bakal konsep dari Teknologi informasi, yaitu dengan menghubungkan segala jenis aspek media untuk mendapatkan informasi yang dituju. Begitupula dengan Cloud teknologi ini, bisa dibilang segala sesuatunya terhubung dengan jaringan yang luas dalam hal ini Internet.
  
Sebagai contoh yang sudah di terapkan yaitu Sony PS2, yang sudah memiliki RJ45 dan RJ11, yang memungkinkan untuk bermain game online secara simultan, jadi kita bisa bermain sebuah game tanpa menginstal atau menghubungkan hardware yang berisi data game tersebut, data didapat dari server yang terintegrasi dengan Sony PS2 melalui internet.

Kelebihan dari Technology Cloud yaitu :

1. Kemudahan Akses
Ini merupakan kelebihan yang paling menonjol dari cloud computing, yaitu kemudahan akses. Jadi kita tidak perlu berada pada suatu computer yg sama untuk melakukan suatu pekerjaan, karena semua aplikasi dan data kita berada pada server cloud.
2. Fleksibilitas
Hampir sama seperti contoh di atas, data yg kita perlukan tidak harus kita simpan di dalam harddisk atau storage computer kita. Dimanapun kita berada, asalkan terkoneksi internet, kita bisa mengakses data kita karena berada pada server cloud.

3. Penghematan (Tanpa investasi awal)
Pastinya dengan adanya cloud computing, akan memungkinkan bagi perusahaan untuk mengurangi infrastruktur IT yang pastinya memerlukan investasi yang besar, baik berupa investasi hardware, software, maupun human resources nya.

4. Mengubah CAPEX Menjadi OPEX
CAPEX = Capital Expenditure (pengeluaran modal), sedangkan OPEX = Operational Expenditure (pengeluaran operational). Seperti kelebihan sebelumnya, ini masih seputar masalah keuangan. Jadi dengan menggunakan teknologi cloud computer ini, kita tidak harus melakukan pengeluaran modal, sebaliknya kita hanya melakukan pengeluaran operational.

5. Lentur dan Mudah Dikembangkan
Sesuai dengan salah 1 karakter cloud computing yaitu “Rapid Elasticity”, maka ini juga merupakan salah 1 kelebihan cloud computing. Jadi customer bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan resource yang dipakai, dan ini akan mempengaruhi cost yang mereka keluarkan.

Tetapi setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Dan kekurangan dalam teknologi ini terletak pada resource utamanya yaitu Internet. Ketiadaannya sinyal untuk menggunakan internet menyebabkan kita tidak bisa menggunakan teknologi ini, selain itu kecepatan akses juga mempengaruhi teknologi ini, apalagi server yang dituju mengalami  overload.

Resensi :

Swimming Sperm